SOLO CITY TOUR

DSC_0061

 

Apabila anda baru pertama kali masuk kota Solo, untuk tujuan wisata, saya sarankan untuk  menggunakan  operator lokal atau transport lokal. Hal ini dikarenakan transport lokal, misalnya bus pariwisata YES, sebagai orang lokal sangat paham seluruh destinasi wisata di wilayahnya. Kita sebagai operator lokal, tahu bagaimana memanfaatkan waktu yang tersedia secara efektif dan efisien.

Tentu anda boleh mengatur perjalanan sendiri, tanpa perlu nasehat atau advise dari orang lokal, namun untuk mencapai tingkat efisiensi yang tinggi akan sulit tercapai. Di samping anda kurang paham arah jalan, jalan singkat, jam jam sibuk, jalan satu arah atau dua arah.

Bila anda hanya mempunyai satu hari di Solo, sebaiknya tidak perlu pergi ke luar kota, cukup di dalam kota aja; Misalnya:

MUSEUM RADYO PUSTOKO

Pertama anda bisa mengunjungi Museum Radyo Pustoko. Ini merupakan museum tertua di Indonesia, peninggalan kerajaan Kasunanan Surakarta. Anda akan menemukan koleksi koleksi dari budaya tempo dulu, apakah itu peninggalan jaman hidnu buda, jaman kerajaan Mataram kuno maupun mataram baru.

 

Ada berbagai macam koleksi senjata, gamelan, miniatur masjid Demak, berbagai macam wayang, naskah naskah kuno berbahasa jawa, berbagai macam patung, ada juga ROJOMOLO.  Rojomolo adalah kepala perahu, yang pernah dipakai Raja Solo untuk menyusuri Bengawan Solo sampai Madura. Bagi masyarakat lokal/ solo, ini tergolong patung yang serem. Tiap malam jumat, di dekat patung Rojomolo selalu diberi sesaji, berupa kembang setaman. Aneh tapi nyata, patung ini biasanya sulit di foto.  kalaupun dijepret, biasanya tidak jadi. Gambarnya kabur atau tampak hitam.

 

MUSEUM BATIK TERLENGKAP DI INDONESIA

Tidak jauh dari Museum radyopustoko, terdapat MUSEUM BATIK DANARHADI. Museum ini menampilkan berbagai macam koleksi batik sejak jaman kerajaan. Apakah itu batik untuk raja, untuk pangeran, untuk sentono atau kerabat, untuk pejabat, untuk pedagang, untuk petani dll. Termasuk di dalamnya batik batik terkini.

 

Uniknya di sini pengunjung bisa melihat bagaimana proses membatik sejak dari awal hingga akhir. Sejak kain putih hingga kain bergambar yang sudah jadi. yang paling menggembirakan, anda bisa juga membeli baju atau kain batik lainnya di sini. Ingat di sini hanya disajikan barang barang berkualitas, dan beda dengan di pasar barang barang yang sangat murah bisa ditemukan. Ini karena pasar memenuhi kebutuhan semua komponen masyarakat, baik masyarakat atas maupun bawah.

 

KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Selanjutnya kita merekomendasikan anda untuk mengunjungi kampung batik. Namanya KAMPUNG BATIK LAWEYAN. Sejak jaman kerajaan, ini kampung memang tempat para seniman  batik dan pengusaha batik berada. Ini merupakan kampung lama. jalan jalannya masih sangat sempit. Oleh karena itu, di kampung ini disarankan jalan kaki atau naik becak.

 

Di kampung ini anda bisa kunjungi rumah satu ke rum ah yang lainnya. Mereka adalah pembatik dan sekaligus penjual batik. Semuanya adalah pengrajin batik. Bahkan di kampung ini anda bisa belajar membatik. Dengan sedikit merogoh kocek anda akan mendapatkan pengetahuan seni membantik dan langsung memproses batik dari kain mentah sampai barang jadi. Tentu, dengan goresan  tangan anda sendiri. Anda bisa berkarya dengan bebas.

 

MAKAN SIANG

selesai melihat kampung batik, sambil memborong, tentunya anda sudah cukup lelah dan merasa lapar. Apabila tidak mau pergi, anda bisa dengan nasi kotak, atau makan di tempatnya juragan batik, dengan mengganti ongkos masak. Anda akan bisa masuk ke rumah saudagar tempo dulu. Ini sangat langka, karena hanya group yang bisa pesan makanan di sana, tidak melayani per orangan. Anda akan melihat rumah sudagar dengan berbagai ornamen, setaraf keraton. Dan sangat inspiratif.

 

PURO MANGKUNEGARAN

sekarang saatnya kita melihat dari dekat, mengenai rahasia keraton jawa. Anda akan diajak mengunjungi Puro mangkunegaran.  Di solo, tempo dulu ada dua penguasa; 1, Keraton KASUNANAN, dengan raja sebagai petingginya dan 2, Puro mangkunegaran, dengan Pangeran sebagai Petingginya. Kali ini kita akan masuk ke Istana Puro Mangkunegaran. Ini merupakan bentuk rumah joglo terbesar di dunia.

Rumah joglo adalah arsitektur asli Indonesia. Di sana anda akan merasakan kemegahan kekuasaan tempo dulu. Kini kita bisa menikmati musik gamelan yang ada di pendopo itu. Musik ini dipagelarkan tiap hari Rabu siang dan diikuti latihan tari. Selanjutnya anda juga akan diper;lihatkan museum dan kamar kamar para pangeran serta dapur / atau tempat makan Pangeran.

Ini yang sering kita sebut sebagai life museum. Karena sampai sekarang masih ada pangeran yang bertahta dan masih menjalaqnkan upacara upacara adat dan kebiasaan. Kita diperkenankan untuk selfie di sini, memang tidak diijinkan mengambil gambar saat berada di dalam rumah atau ruangan.

 

PASAR KLEWER

Terakhir tujuan kita hari ini adalah wisata belanja di pasar klewer. ini pasar sudah sangat terkenal sejak jaman kerajaan. merupakan pasar sandang terbesar di Indonesia. Ini adalah pasar  grosir, pasarnya para pedagsang untuk kulakan barang.

Oleh karena itu sarannya saat berbelanja di pasar Klewer adalah pandai menawar. Selain itu belilah barang satu seri, biasanya tiga potong. karena kalau belinya hanya satu potong bisa jadi lebih mahal. Makslum pasarnya para pedagang untuk kulakan.

Bagi yang suka belanja ini merupakan surga dunia. Anda bisa mendapatkan harga yang dari yang murah sampai yang mahal. Barang  berkualitas rendah maupun tinggi, semua tersedia berlimpah ruah.

Selamat berbelanja dan bersukaria

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>