BAB V

PENUTUP

 

5.1         Kesimpulan

Berdasarkan analisis data secara umum dapat disimpulakan sebagai berikut :

5.1.1   Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Diferensiasi Produk Jasa Untuk Meningkatkan Occupancy  Hotel Aziza Solo.

Pengembangan diferensiasi produk Hotel Aziza Solo dapat dilihat dari hasil pebelitian yang telah di terangkan dalam variabel diferensiasi produk. Menyatakan bahwa dengan adanya penerapan pengembangan diferensiasi produk dari tahun ke tahun akan mampu meningkatkan  tingkat occupancy tamu hotel.

Penerapan strategi pemasaran market segmentation menunjukkan adanya penerapan produk yang kuat dalam upaya meningkatkan occupancy tamu hotel. Hal ini di tunjukkan dengan adanya hasil wawancara yang telah di lakukan terhadap lima orang staf Sales & Marketing Department, dimana masing-masing staf memiliki tanggung jawab terhadap segmen-segmen  pasar  yang telah ditentukan sesuai dengan kemapuan.

Dalam mencapai target penerapan strategi market targeting memiliki upaya cukup tinggi dalam hal memasarkan diferensiasi produk hotel dan menjadi salah satu strategi utama dalam melakukan pendekatan diferensiasi produk untuk meningkatkan occupancy hotel. Adapun target budget yang harus di capai oleh masing-masing staf Sales & Marketing Department. Dalam mencapai target masing-masing sales harus mampu bernegosiasi dan menjelas kan dengan jelas serta rinci mengenai diferensiasi produknya. Hal ini di pengaruhi dengan hasil tingginya feed back yang diperoleh oleh hotel dari konsumen mengenai produknya.

Dalam penerapan strategi pemasaran market positioning sangat berhubungan kuat dengan market segmentastion dan market targetingkarena  dalam hal memasarkan diferensiasi produk hotel, staf Sales & Marketing Department mampu menempatkan produk tersebut menjadi salah satu strategi yang digunakan perusahaan dalam menciptakan kesan, image dan citra tertentu di ingatan konsumen sehingga produk terlihat berbeda dengan produk pesaing.

Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel dependent berperan penting dalam meningkatkan occupancy hoteldan berpengaruh terhadap variabel independent ( tingkat occupancy hotel).

5.1.2   Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Diferensiasi Produk Jasa Untuk Meningkatkan Occupancy  Hotel Aziza Solo.

Bahwa strategi pemasaran melalui pendekatan diferensiasi produk berpengaruh terhadap tingkat hunian atau occupancy hotel Aziza Solo berdasarkan dengan hasil penelitian diketahui dengan adanya peningkatan produk dari setiap tahunnya dilihat dari data Sales & Marketing tahun 2014 berjumlah 4 macam produk menjadi 10 macam produk di tahun 2016. Peningkatan tersebut di dukung adanya strategi pemasaran dengan melalui diferensiasi produk, segmentasi pasar, targeting dan positioning. Dengan rata-rata peningkatan presentase occupancy 20% pada tahun 2014 menjadi 50 % pada tahun 2016 di bulan Januari sampai bulan July.

5.2         Saran-saran

Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas maka dapat di ajukan saran-saran sebagai berikut :

5.2.1   Diharapkan Hotel Aziza Solo dapat mempertahankan keistimewaan produk dengan inovasi produk yang lebih kreatif dengan menentukan penggabungan produk-produk yang lain selain kamar hotel dan meeting room. Serta setiap melakukan pengembangan terhadap diferensiasi produk hotel diharapkan dapat dibuat arsip untuk kelengkapan data diferensiasi produk hotel.

5.2.2    Diharapkan Staf Sales & Marketing Department dapat lebih memperhatikan terhadap dua komponen variabel strategi pemasaran yang memperlihatkan hasil yang positif terhadap tingkat occupancy tamu hotel yaitu market targeting dan market positioning untuk dapat ditingkatkan.

5.2.3   Karena keterbatasan dalam penelitian ini, maka para peneliti mendatang diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik, dengan data yang lebih fokus dan metode yang lebih tepat serta sesuai keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>