BAB IV

HASIL PENELITIAN

 

4.1         Deskripsi Hotel Aziza

4.1.1           Sejarah Berdirinya Hotel Aziza Solo

                        Hotel Aziza Solo di resmikan pada tanggal 30 Januari 2014 oleh Bapak Ahmad Purnomo selaku Wakil Walikota tahun 2014. Hotel Aziza Solo merupakan salah satu  unit hotel yang berada di bawah naungan Horison Group dan dikelola oleh  PT. Metropolitan Golden Management. PT. Metropolitan Golden Management (MGM) didirikan pada tanggal 23 Mei 2003, merupakan jaringan Hotel Operator Nasional terbesar di Indonesia. Horison Hotels Group saat ini mengelola 80 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia dimana 38 hotel telah beroperasi dan 42 masih dalam taraf pembangunan. PT. Metropolitas Golden Management membuat strategi pemasaran berdasarkan segmentasi pasar, yaitu dengan membagi beberapa brand menjadi Hotel Grand Horison, Hotel Horison Ultima, Hotel Horison, Hotel Horison Inn, Hotel @HOM Premier, Hotel @HOM, Hotel Aziza dan Hotel M3.

Perusahaan ini adalah sub unit bagian dari Metropolitan Development Group, sebuah Perusahaan Pengembang Perumahan terkemuka Indonesia. Sebagai jaringan hotel nasional dengan produk dan layanan standar internasional, perusahaan penting untuk selalu memperbarui layanannya sesuai dengan tren saat ini, dan itu sebabnya hotel MGM memposisikan diri  untuk selalu memperbarui layanannya sesuai dengan tren saat ini, dan itu sebabnya hotel MGM memposisikan diri sebagai Bisnis & IT hotel untuk semua orang kebutuhan pelanggan modern. Menggunakan Sumber Daya Manusia lokal dengan evaluasi terus menerus dan pelatihan konstan, layanan pelanggan MGM memenuhi 6 elemen sasaran, menjadi: Hospitality, Ketulusan, Kecepatan, Kehangatan, Perawatan dan Integritas.

Hotel Aziza Solo merupakan hotel syariah berbintang tiga pertama  dengan konsep Islamiq Boutique Hotel di kota Solo. Hotel Aziza Solo berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No. 115 Pasar Kliwon Surakarta 57113, Jawa Tengah dengan Nomor Telephone. (0271) 7890555, Fax. (0271) 7890333, Email address: info@hotelazizasolo.com, dan Homepage: http://www.aziza.horison-group.com. Lokasi hotel sangat strategis dan berada di pusat kota Solo, sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, kuliner dan wista kota Solo seperti Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, Benteng Trade Center, Pasar Gedhe, Solo Galabo (Gladak Langen Bogan), Keraton Kasunanan Surakarta dan Benteng Vastenburg.

Hotel Aziza Solo adalah metamorfosa dari rumah bergaya etnik jawa yang direnovasi sedemikian rupa menjadi sebuah hotel mewah dan megah yang bernuansa syariah tanpa meninggalkan esensi gaya etnik rumah jawa itu sendiri. Terlihat dari setiap arsitektur nya, setiap sisi pintu kamar yang menggunakan kayu jati serta interior lobby maupun restaurant yang terdapat ukiran bunga yang diukir secara handmade sejumlah 3600 buah, selain itu lantai restaurant yang memakai lantai dengan ornament khas adat jawa. Selain itu konsep Islamic Boutique Hotel, Hotel Aziza juga mendesain dengan artistik ala Timur Tengah. Hotel Aziza memiliki Luxury Mushalla sebagai ikon dengan desain meyerupai Masjid Nabawi di Madinah dan program televisi yang tersedia di kamar tamu mayoritas langsung dari Madinah.

4.1.2           Struktur Bangunan Hotel Aziza Solo

                        Hotel Aziza Solo menempati lahan seluas 2.000  dan berdiri lima lantai, serta satu lantai basement untuk fasilitas parkir. Aziza Hotel menyediakan 93 kamar, terbagi  tipe 85 deluxe room, 4 junior room, 3 executive room dan 4 aziza suite room serta ada beberapa kamar connecting. Untuk suite room masing masing room memiliki 4 design yang tematik yang berbeda yaitu Middle East, Javanesse,Classic Colonials dan  Modern Minimalis  sehingga tamu yang menginap tidak merasa bosan dengan tema kamar yang sama.

                        Hotel bintang tiga dibangun lima lantai ini, dilengkapi Luxury Mushalla didesain khusus menyerupai Masjid Nabawi. Fasilitas ini berada didekat area publis. Sehingga memudahkan bagi tamu untuk beribadah shalat. Setiap kamar dilengkapi televisi  LED 32 inch, serta fasilitas lain berkualitas baik di antara nya adalah 8 meeting room dan 2 Ball Room, Kids Pool , Malabar Restaurant dan Plaziza Café. Selain itu konsep syariah yang di usung oleh Aziza Hotel mengikuti 3 hal yakni halal, thayib (baik) dan barokah. Halal yang dimaksud adalah setiap pasangan yang akan menginap harus menunjukkan status pernikahannya. Aziza Hotel juga tidak akan menjual minuman beralkohol dan makanan yang diharamkan oleh syariat Islam. Tidak hanya itu, staff dan pelayan hotel juga mengenakan seragam yang syar’i seperti menggunakan jilbab untuk pelayan hotel perempuan.

4.1.3           Fasilitas dan Layanan Hotel Aziza Solo

                                                 4.1.3.1  Kamar Hotel

          Kamar hotel merupakan fasilitas yang paling utama pada sebuah hotel. Hotel Aziza Solo memiliki 93 kamar, terdiri dari :

Tabel 4.1.1

Jenis dan Harga Kamar

JENIS KAMAR

JUMLAH KAMAR

RATE

Deluxe Room

85

Rp. 800.000

Junior Suite Room

4

Rp. 1.500.000

Executive Suite Room

3

Rp. 1.800.000

Aziza Suite Room

1

Rp. 2.000.000

EXTRA BED Rp. 250.000

Pajak Pemerintah & Pelayanan 21%

Sumber: Hotel Aziza Solo

Berikut spesifikasi dan layanan dari masing-masing kamar tamu Hotel Aziza Solo :

  1. Deluxe Room

Terdiri dari 85 kamar, berada di lantai satu sampai dengan lantai lima dan memiliki luas 22 m2. Deluxe Room memiliki beberapa standart fasilitas berupa : Single atau Double bed, Global satelit TV channel, shower, Individually controlled Air Conditioning, WIFI , pengedap suara, Direct dial ISD/STD telephone, Tea and coffe making fac, Slipper.

  1. Junior Suite Room

Terdiri dari 4 kamar, berada di lantai empat dan lantai lima, memiliki luas 33 m2. Junior Suite Room memiliki beberpa standart fasilitas berupa : king bed, deposite save box, living room, little kitchen, Global satelit TV channel, shower, Individually controlled Air Conditioning, WIFI , pengedap suara, Direct dial ISD/STD telephone, Tea and coffe making fac, Slipper

  1. Executive Suite Room

Terdiri dari 3 kamar berada di lantai satu, empat dan lima memiliki luas 44 m2. Executive Suite Room memiliki beberapa standart fasilitas berupa : super king bed, Global satelit TV channel, bathup, guest toilette, hydryer, minibar,  Individually controlled Air Conditioning, WIFI, deposite save box, living room, little kitchen, Tea and coffe making fac dan breakfast. Executive room yang dimiliki oleh Hotel Aziza sangatlah unik karena di setiap kamar memiliki tema kamar yang berbeda, di antaranya : Javanesse,Classic Colonials dan  Modern Minimalis.

  1. Aziza Suite Room

Terdiri dari 1 kamar berada di lantai satu, memiliki luas 44 m2. Aziza Suite Room memiliki beberapa standart fasilitas yang sama dengan executive suite room berupa : super king bed, Global satelit TV channel, bathup, guest toilette, hydryer, minibar,  Individually controlled Air Conditioning, WIFI, deposite save box, living room, little kitchen, Tea and coffe making fac dan breakfast. Aziza suite room yang dimiliki oleh Hotel Aziza memiliki desain dan tema kamar Middle East dengan tambahan teras khusus di dalam kamar.

  1. Conecting Room

Hotel Aziza memiliki 8 connecting room dengan jenis kamar deluxe room. Conecting room adalah dua kamar atau lebih yang memiliki akses pintu sebagai penghubung antara kamar satu dengan kamar lain, sehingga penghuni kamar tidak perlu keluar koridor untuk memasuki kamar sebelahnya.

                                                 4.1.3.2     Restaurant dan Cafe Hotel Aziza Solo

Restaurant adalah suatu ruangan atau tempat dimana tamu dapat melengkapi kebutuhan dalam membeli makanan dan minuman. Restaurant dan Cafe yang tersedia di Hotel Aziza antara lain :

  1. Restaurant Malabar dan Coffe Shop

Restaurant Malabar memberikan suasana yang berbeda dengan design yang unik dan artistic ala Timur Tengah tanpa meninggalkan esensi sejarah etnik jawa bangunan hotel. Restaurant Malabar memiliki kapasitas 72 kursi yang juga mampu di gunakan untuk kebutuhan meeting.

Restaurant Malabar menyediaan berbagai menu dari makanan local Indonesia, western dan timur tengah, yang disajikan langsung oleh chef yang professional.

  1. Plaziza Café

Plaziza Café merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai para tamu. Plaziza Café juga menyediakan berbagai hidangan dari makanan sampai minuman dan pertunjukkan live cooking yang di lakukan oleh chef.

                                                 4.1.3.3     Meeting Room

          Penyediaan fasilitas ruang pertemuan berupa meeting roomdari kapasitas yang kecil sampai dengan kapasitas besar seperti ballroom. Tersedia juga fasilitas live cooing, coffe break dan lunch setelah meeting.

Berikut jenis-jenis meeting room Hotel Aziza Solo beserta kapasitas tamu nya :

Function Room

Set Up Table Style

Reception

Theatre

Classroom

Boardroom

Banquet

U-Shape

Dimendions

Height

1st Floor

Muzdalifah  1

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Muzdalifah  2

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Jabal Rahmah 1

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Jabal Rahmah 2

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Jabal Nur 1

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Jabal Nur 2

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

Jabal Nur 3

-

20

14

14

-

10

22 m2

3,5 m

M.Room 1 & 2

-

40

30

-

24

20

44 m2

3,5 m

M.Room 3 & 4

-

40

30

-

24

20

44 m2

3,5 m

M.Room 5,6,7

-

60

44

-

38

30

66 m2

3,5 m

Pre function

30

-

-

-

24

-

42 m2

3,5 m

2st Floor

Arafah

300

250

136

-

100

-

225 m2

4,9 m

Mina

200

150

90

-

60

60

152 m2

4,9 m

Pre function

30

-

-

-

20

-

45 m2

3,5 m

Tabel 4.1.2

Meeting Room Configuration Hotel Aziza Solo

 

Sumber : Hotel Aziza Solo

Adapun penetepan harga dari setiap meeting room Hotel Aziza Solo dari yang kapasitas kecil sampai kapasitas besar.

Tabel 4.1.3

Meeting Room Rental

Function Room

Price (IDR)-start form

Meeting Room 1 & 2

Rp 750.000,- ++

Meeting Room 3 & 4

Rp 750.000,- ++

Meeting Room 5,6,&7

Rp 1.500.000,-++

Meeting Room 1/2/3/4/5/6/7

@ Rp 500.000,-++

Ballroom 1

Rp. 5.000.000,-++

Ballroom 2

Rp. 3.000.000,-++

      Sumber : Hotel Aziza Solo

Setiap produk meeting room, pihak hotel menyediakan berbagai fasilitas pendukung serta perlengkapan seperti Meeting Equipment dan Meeting Facilities yang sudah termasuk dalam harga setiap produk meeting room.

  1. Meeting Equipmentd produk meeting room Hotel Aziza :
    1. a.      AV Equipment :
  • LCD Projector (3000 ansi lumensi), fee starts from IDR 500.000,-++
  • TV Monitor; fee starts from IDR 750.000,-++
  • Micropones (selection of Wireless, standing, and conferences microphone)
  • VCD/ DVD Player
  1. b.      Internet access; minimum of IDR 250.000,++/ day/ line
  2. 2.      Meeting Facilities
    1. a.      Meeting stationeries: conferences pads, pencils plus candies.
    2. b.      Standard flower arrangements and head table.
    3. c.       Reception desk with guest book and pen.
    4. d.      1 whiteboard with color marker, 1 Flipchart, 1 Laser Pointer.
    5. e.       Podium, Table number, gong, hammer and palette, MOU pen holder.
    6. f.        1 screen at size 2X3m and 3X4m, Additional stage 6X3mX60cm, 3mX5mX30cm.
    7. g.      Mineral Water (bottle)
    8. Meeting Signboard

4.1.3.4      Fasililitas dan Layanan Lainnya

  1. 1.      Business Centre

Lokasi atau area khusus yang digunakan  untuk berbagai macam kegiatan bisnis dan area ini menyediakan berbagai layanan, seperti :

  1. Fotocopy
  2. Faxemail
  3. Secretariat
  4. Mushalla

Hotel Azia Solo dilengkapi mushola mewah dengan design miniature Masjid Nabawi di Madinah. Lokasi mushola sangat strategi untuk dicapai oleh para tamu karena lokasi berada di pubic area, berada di antara restaurant dan meeting room.

  1. 3.      Kids Swimming Pool

Untuk para tamu yang membawa anak kecil bisa menikmati fasilitas kids swimming pool yang telah disediakan oleh Hotel Aziza Solo.

  1. 4.      Airport/ Train Station Pick-up Service

Hotel Aziza menyediakan fasilitas penjemputan tamu baik di bandara, terminal maupun stasiun tanpa biaya namun untuk pengantaran tamu dikenakan charge.

Untuk fasilitas pengantaran gratis di khusus kan untuk tamu Corporate atau Group yang di approval dari Team Sales and Marketing Department.

  1. Basement

Hotel Aziza Solo di lengkapi basement yang cukup luas dengan kapasitas 50 mobil.

  1. Laundry

Hotel Aziza menyediakan pelayanan Guest Laundry, yang mana setiap tamu yang menggunakan jasa pelayanan ini akan di beri charge sesuai dengan jumlah barang yang akan di laundry.

  1. Room Service 24 Hours

Room service merupakan saah satu bagian dari food and beverage department yang bertugas melayani penjualan makanan dan minuman para tamu yang di antar langsung ke kamar tamu.

4.1.4           Struktur Organisasi Hotel Aziza Solo

                        Setiap perusahaan pada umumnya mempunyai struktur organisasi. Penyusunan struktur organisasi merupakan langkah awal dalam memulai pelaksanaan kegiatan perusahaan dengan kata lain penyusunan struktur organisasi adalah langkah terencana dalam suatu perusahaan untuk melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Struktur tersebut digambarkan dalam suatu bagan organisai/ diagram yang memperlihatkan garis hubungan tersebut menurut fungsi-fungsi di dalam tanggung jawab dan wewenang masing-masing (job decription).

                            Struktur Organisasi Hotel Aziza Solo dibentuk berdasarkan analilis kebutuhan hotel dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi operasional secara keseluruhan. Dalam struktur terdapat karyawan yang memiliki fungsi dan tugas tertentu sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak personalia manajemen hotel. Berikut Struktur Organisasi Hotel Aziza  Solo yang telah di tetapkan.

4.1.5           Sales & Marketing Department

                        Hotel Aziza Solo memposisikan sebagai Hotel Islamic Boutique Hotel di Kota Solo, memiliki bagian pemasaran secara khusus yang di sebut sebagai Sales and Marketing Department. Bagian inilah yang menjadi ujung tombak untuk seluruh kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan, pengembangan produk hingga pelaksanaan di lapangan, sekaligus  bertanggung jawab untuk meningkatkat occupancy hotel dan mengevaluasi kembali hasil-hasil yang dicapai dari kegiatan pemasaran yang sudah di lakukan oleh manajemen Hotel Aziza Solo.

                        Bagian sales and Marketing Department Hotel Aziza Solo di kepalai oleh seorang Sales Manager yang bertanggung jawab serta mengawasi secara langsung kinerjadari  Assisten Sales Manager dan staf – staf dari team Sales and Marketing Department dalam melaksanakan kegiatan pemasaran khususnya dalam meningkatkan occupancy hotel dan kemajuan Hotel Aziza dalam bersaing dengan hotel lain.

                        Berikut penjelasan mengenai tugas-tugas dari seorang Sales Manager dan Salles staff di Hotel Aziza Solo :

  1. Sales Manager
    1. jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan dan meningkatkan occupancy hotel.
    2. Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produk terisi secara optimal.
    3. Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah occopancy dan area segmentasi pasar sesuai dengan target market yang ditentukan.
    4. Bekerjasama dengan personil lain untuk memastikan kelancaran operasional departemen, dan memastikan bahwa setiap karyawan dibagian Sales & Marketing melakukan tugasnya dengan sesuai.
    5. Menganalisa dan memberikan arah pengembangan kepada sales team dalam melaksanakan kegiatan pemasaran yang meliputi “4P” yaitu: product, price, place, dan promotion.
    6. Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan.
    7. Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.
    8. Melakukan business traveller untuk mendapatkan peluang bisnis serta membangun/mengembangkan hubungan baik dengan key account dan key person.
    9. Menjaga hubungan baik dengan travel agents, commercial accounts, dan pihak pihak yang berhubungan kerjasama dengan hotel.
    10. Memberikan laporan kepada General Manager/Hotel Manager setiap keluhan, komentar atau saran yang didapat dari tamu/konsumen yang mungkin untuk dapat meningkatkan kinerja hotel.
    11. Melakukan market survey dan mengumpulkan marketing intelligence hotel pesaing untuk diinformasikan kepada General Manager/Hotel Manager sehingga yang bersangkutan mengetahui informasi perkembangan market.
    12. Assistant Sales Manager
      1. Bertanggung jawab langsung kepada Sales Manager.
      2. Melaksanakan kegiatan pemasaran dengan account yang lebih banyak di banding dengan staf sales yang lain.
      3. Menangani korespondensi yang terkait dengan kegiatan pemasaran.
      4. Memaksimalkan potensial keuntungan, menganalisa semua sumber bisnis dan mengembangkannya dengan potensi keuntungan sebesar mungkin.
      5. Memberikan laporan kepada sales Manager setiap keluhan, komentar atau saran yang didapat dari tamu yang mungkin untuk dapat meningkatkan kinerja hotel.
      6. Memperoleh bisnis untuk hotel, mampu memenuhi target anggaran serta mencapai target room-night dan revenue.
      7. Berpartisipasi dalam trade show dan sales promotions yang ditugaskan oleh Sales Manager.
      8. Melakukan negosiasi dengan konsumen/ tamu.
      9. Mampu melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab terhadap team Sales saat Sales Manager saat tidak ada di tempat.
      10. Bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan client yang sudah terjalin maupun yang masih potensial serta semaksimal mungkin mendapatkan bisnis yang baru baik tamu individual, grup, corporate, dari government, swasta dan travel agent.
      11. Melaksanakan kegiatan pemasaran seperti sales call, sales trip dan lain-lain sesuai segmentasi pasar yang di tugas kan oleh Sales Manager.
      12. Sales Executive
        1. Bertanggung jawab langsung kepada Sales Manager.
        2. Menangani korespondensi yang terkait dengan kegiatan pemasaran.
        3. Memaksimalkan potensial keuntungan, menganalisa semua sumber bisnis dan mengembangkannya dengan potensi keuntungan sebesar mungkin.
        4. Memberikan laporan kepada sales Manager setiap keluhan, komentar atau saran yang didapat dari tamu yang mungkin untuk dapat meningkatkan kinerja hotel.
        5. Memperoleh bisnis untuk hotel, mampu memenuhi target anggaran serta mencapai target room-night dan revenue.
        6. Melakukan negosiasi dengan konsumen/ tamu.
        7. Bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen yang sudah terjalin maupun yang masih potensial serta semaksimal mungkin mendapatkan bisnis yang baru baik tamu individual, grup, corporate, dari government, swasta dan travel agent.
        8. Mampu  melaksanakan kewajiban dan bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran seperti sales call, sales trip dan lain-lain sesuai segmentasi pasar yang di tugas kan oleh Sales Manager.
        9. Admin Sales & Marketing
          1. Bertanggung  jawab untuk mengatur dan melakukan kegiatan administrasi untuk program Sales & Marketing dibawah arahan Sales Manager dengan berpedoman pada kebijakan dan prosedur hotel.
          2. Memasukkan data base dari konsumen setiap sales.
          3. Membantu seluruh aktifitas sales, terutama dalam bidang administrasi seperti monitoring sejauh mana produk siap untuk diserahkan kepada konsumen.
          4. Membuat report tentang administrasi dari hasil penjualan para sales yang kemudian di serahkan kepada Sales Manager setiap minggu dan bulan.
          5. Bertanggung jawab langsung kepada Sales Manager.
          6. Menangani korespondensi yang terkait dengan kegiatan pemasaran.
          7. Memaksimalkan potensial keuntungan, menganalisa semua sumber bisnis dan mengembangkannya dengan potensi keuntungan sebesar mungkin.
          8. Memberikan laporan kepada sales Manager setiap keluhan, komentar atau saran yang didapat dari tamu yang mungkin untuk dapat meningkatkan kinerja hotel.
          9. Memperoleh bisnis untuk hotel, mampu memenuhi target anggaran serta mencapai target room-night dan revenue.
          10. Melakukan negosiasi dengan client/ tamu melalui telemarketing.
          11. Bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan client yang sudah terjalin maupun yang masih potensial serta semaksimal mungkin mendapatkan bisnis yang baru baik tamu individual, grup, corporate, dari government, swasta dan travel agent.

4.2  Deskripsi Permasalahan

Pokok permasalahan yang ingin diketahui pada penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi dalam meningkatkan Occupancy Hotel di Hotel Aziza Solo. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan occupancy hotel :

4.2.1   Diferensiasi Produk

Tujuan pokok dari penerapan strategi pemasaran melalui pendekatan diferensiasi produk adalah suatu upaya dari sebuah perusahaanuntuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam suatu  sifat yang membuatnya lebih diinginkan atau special. Beberapa produk hotel di modifikasi agar lebih menarik dan dilakukan dengan mengubah karakter produk. Dalam penerapan diferensiasi produk diperlukan adanya penelitian pasar agar bisa benar-benar berbeda dari produk pesaing.

Pada diferensiasi produk terdapat berbagai macam atribut produk hotel yang dapat memberikan gambaran yang jelas tentang produk itu sendiri. Secara rinci kegiatan pengembangan produk di lakukan oleh Team Sales & Marketing Hotel Aziza Solo pada tahun 2014 mulai bulan Februari sampai dengan 2016 bulan Juni. Berikut jenis-jenis produk yang perlu adanya pengembangan  :

  1. Paket Meeting
  2. Longstay Guest
  3. Paket Pernikahan

4.2.2   Market Segmentation

            Segmentasi pasar merupakan faktor kunci yang penting dalam strategi pemasaran untuk mendapatkan revenue dan dapat meningkatkan occupancy hotel. Dalam memandang segmentasi pasar, sales harus mampu melihat, mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar yang tepat akan dapat memanfaatkan sumber daya yang sesuai dengan segmen-segmen pasar  yang telah di identifikasi.

                        Cara memperoleh dan melihat segmentasi pasar yang potensial adalah dengan cara mengelompokkan menjadi segmen-segmen tertentu yang memillliki kesamaan dalam hal kebutuhan dan keinginan, perilaku dan respon terhadap produk yang di pasarkan. Hotel Aziza Solo memiliki beberapa segmen yang telah di bagi dan di kelompokkan sesuai dengan kemampuan staf sales nya. Berikut sasaran segmen-segmen pasar yang ada di Hotel Aziza Solo :

  1. 1.      Government
  2. 2.      Corporate
  3. Media
  4. 4.      Hospital
  5. Farmasi
  6. 6.      Banking
  7. Tour & Travel
  8. 8.      Education
  9. 9.      Company
  10. 10.  Organization & Religion
  11. 11.  TA Foreign

4.2.3   Market Targeting

Market targeting atau pasar sasaran adalah sebuah segmentasi pasar yang telah dikelompokkan dan terdiri dari pelanggan-pelanggan yang berpotensi dalam kebutuhan atau keinginan tertentu untuk melakukan transaksi atau segmen-segmen pasar yang dinilai paling menarik untuk dilayani dengan program paket produk pemasaran milik hotel.

Dalam sebuah perusahaan atau hotel pasti memiliki sebuah market targeting dalam mencapai revenue yang tinggi. Hotel Aziza Solo di setiap bulannya memiliki target revenue yang di tetapkan oleh atasan hotel. Masing-masing staff sales bertanggung jawab dalam mencapai target revenue dan occupancy hotel. Di sinilah peran Sales Manager melakukan strategi pemasarannya dalam menentukan dan memilihkan target kepada staf sales nya.

4.2.4   Market Positioning

Market positioning merupakan suatu tindakan utama untuk meningkatkan kekuatan posisi hotel di suatu pasar tertentu dengan cara merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu di ingatan pelanggan serta berorientasi pada pikiran atau persepsi pelanggan, sehingga dengan demikian pelanggan memahami dan menghargai pada apa yang di lakukan oleh hotel dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Tindakan strategi pemasaran market positioning berfungsi untuk menilliti atau mengidentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar.

Strategi market positioning sangat berhubungan dengan produk dan segmentasi pasar karena hotel harus mampu menempatkan produk dan ditujukan melayani target market tertentu. Proses market positioning harus di mulai denngan  produk yang dimiliki hotel. Dalam mencapai tingkat positioning yang kuat, hotel perlu melakukan diferensiasi dalam faktor yaitu: harga, kualitas, teknologi saluran distribusi atau sasaran pelanggan.

Hotel Aziza Solo mempunyai image brand sebagai Islamic Boutique Hotel di Kota Solo. Namun hotel dengan image brand tidak lah cukup dalam menghadapi persaingan pasar. Berikut tahap-tahap Hotel Aziza Solo dalam mencapai market positioning :

  1. Hotel Aziza perlu mengkuti trend dan dinamika pasar, seperti persaingan, sosial dan ekonomi.
  2. Hotel Aziza Solo harus mentargetkan produknya pada segmen pasar tertentu.
  3. Hotel Aziza Solo harus bisa bereksperimen dengan tipe produk baru, kemudian memperhatikan reaksi pasar. Jika pelanggan menyarankan perubahan maka harus menyesuaikan dengan strategi pemasaran yang telah dirancang.

4.3   Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil peneitian dan pembahasan mengenai diferensiasi produk jasa hotel dalam meningkatkan tingkat occupancy tamu hotel diuraikan berdasarkan pada hasil analisis data yang diperoleh selama penelitian.

Pada bagian ini penulis menghadirkan beberapa data primer dari hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada objek penelitian. Objek penelitian adalah pihak internal (Sales Manager, Assistant Sales & Marketing Manager, Sales Executive dan Sales Admin) Hotel Aziza Solo dan penulis menghadirkan hasil wawancara dalam bentuk deskriptif. Narasumber dari pihak internal hotel Aziza diantaranya adalah Eva Magie Soraya yang merupakan Sales Manager , Cethy Arumbi selaku Assistant Sales Manager, Deppian Siregar selaku Sales Executive, Ryan selaku Sales Executive dan Heny Puspita selaku Sales & Marketing Admin di Hotel Aziza Solo.

4.3.1        Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Diferensiasi Produk Jasa Untuk Meningkatkan Occupancy di Hotel Aziza Solo, terdiri dari :

4.3.1.1       Analisi Diferensiasi Produk

Diferensiasi Produk pada Hotel mencakup beberapa aspek di lihat dari keadaan ekonomi dan sosial pasar yang ada di kota Solo, yaitu ciri keistimewaan produk, kesesuaian harga, kualitas, kamar,  fasilitas pelayanan yang di miliki oleh Hotel dan hotel pesaing.

Berdasarkan data penelitian yang diperoleh melalui wawancara lima staf sales dan pengumpulan data mengenai penerapan strategi pemasaran melalui pendekatan diferensiasi produk jasa dalam meningkatkan occupancy hotel. Bahwa Hotel Aziza Solo dari tahun ke tahun selalu melakukan pengembangan produk hotel dengan cara melakukan penelitian analisi market. Sales & Marketing Department bertanggung jawab melakukan analisis market dan melihat tentang perkembangan ekonomi dan sosial di pasar saat ini, caranya antara lain dengan cara melihat competitor, dan market month seperti market corporate, market goverment ataupun kondisi market pada saat bulan-bulan tertentu.

Hotel Aziza Solo telah memiliki diferensiasi produk utama yaitu kamar dengan adanya konsep kamar yang syar’i, tambahan sajadah dan Al-Qur’an dan alarm pengingat adzan dengan volume control. Disertai dengan produk-produk lainnya seperti paket meeting, wedding dan table manners course. Diferensiasi Produk di Hotel Aziza Solo mengalami pengembangan dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, berikut data-data produk hasil penelitian :

  1. Diferensiasi Produk Hotel Tahun 2014

Pada tahun 2014 Hotel Aziza Solo produk hotel masih tergolong sedikit karena termasuk dalam hotel baru, sehingga butuh penelitian dan pengalaman. Produk paket nya terdiri dari :

  1. Kamar Hotel :

Standart kamar Hotel Aziza Solo sama dengan standart kamar hotel bintang tiga lainnya, akan tetapi yang membedakan yaitu konsep syariah sesuai dengan konsep hotel, tambahan syajadah, Al-Qur’an dan alarm pengingat waktu Ibadah Sholat atau Adzan Sholat.

  1. Meeting Room

Hotel Aziza Solo meyediakan berbagai paket meeting sekaligus dengan fasilitas dan perlengkapan kebutuhan meeting.

ITEM

FULL DAY PACKAGE 1x Meal & 2xCoffe Breaks
HALFDAY PACKAGE 1x Meal & 1xCoffe Breaks
FULL BOARD PACKAGE 2x Meal & 2x Coffe Breaks
RESIDENTIAL PACKAGE

-          Single OCC

-          Double OCC

Room & 3x Meals & 2x Coffe Breaks

ADDITIONAL

 

-          Coffe Break

-          Lunch

-          Dinner

Tabel 4.3

Sumber: Hotel Aziza Solo 2014

 

  1. Paket Pernikahan

Begitu pula untuk produk paket pernikahan Hotel Aziza  Solo memiliki beberapa paket pilihan yang sesuai dengan keinginan pelanggan dengan kapasitas 300 tamu, antara lain :

-            Paket Antalya

-            Paket Andalusia

-            Paket Aziza

Paket-paket produk pernikahan tersebut memiliki perbedaan yaitu antara set menu style dan buffet style. Selain itu yang membedakan antara paket-paket tersebut adalah dalam kesesuaian harga konsumen, pilihan menu, dekorasi,jenis kamar dan lain sebagainya.

  1. d.        Longstay Guest

Longstay Guest yaitu tamu yang menginap lebih dari lima hari. Hotel Aziza memberikan pelayanan dan harga khusus bagi tamu yang menginap di kamar Hotel Aziza Solo selama 5 hari lebih.

  1. Diferensiasi Produk Hotel Tahun 2015

Kemudian pada tahun 2015 produk Hotel Aziza mulai berkembang dengan adanya peningkatan occupancy dan meningkatnya segmen pasar kota Solo. Hotel Aziza mulai memanfaatkan produk meeting room menjadi function meeting. Berikut tambahan diferensiasi produk hotel antara lain :

  1. Paket Arisan

Paket Arisan di Hotel Aziza Solo sudah sekaligus dengan meeting room atau restaurant yang nyama, maka, air mineral,permen dan coffe break, dengan hitungan harga per orang.

  1. Paket Manasik Haji dan Umrah

Semakin tinggi minat warga muslim melakukan ibadah haji dan semakin banyak agent yang membuka pelayanan keberangkatan Haji dan Umrah, paket produk ini sudah sekaligus coffe break dan makan siang/ makan malam. Hotel Aziza Solo menyediakan tata cara dan fasilitas yang menyerupai seperti keadaan haji dan umrah di Mekkah dan Madinah serta miniature Ka’bah yang menyerupai bentuk asli nya.

  1. Paket Ulang Tahun Anak

Hotel Aziza Solo menyediakan ballroom yang luas dan nyaman, paket tersebut sudah sekaligus dengan makanan anak dalam bentuk bento box, buffet, kue ulang tahun, hiburan, MC dan dekorasi standart ulang tahun.

  1. Paket Table Manners Course

Hotel Aziza menyediakan paket lunch atau dinner, professional Intructor, Hotel Tour, table manner’s Handout, Table manner’s Certificate dan live cooking.

  1. e.       Longstay for Group

Paket produk longstay sebelumnya hanya untuk tamu reguler/ individu, dengan bertambah tinggi nya minat konsumen  terhadap bisnis membuat para wirausahawan menginap di penginapan untuk mengontrol perusahaan nya. Maka dari itu Hotel Aziza Solo menambahkan kategori Longstay Guest,yaitu : Group, corporate, company, dan lain sebagainya.Tentunya dengan harga dan pelayanan yang khusus.

  1. Paket Pernikahan Ijab Qobul

Hotel Aziza Solo berada di kawasan yang strategis berada di pusat kota Solo. Sangalah pantas dan mudah bagi pelanggan yang ingin mengadakan acara pernikahan. Pada paket sebelumnya Hotel Aziza Solo hanya menyediakan paket pernikahan resepsi, dengan berkembang nya minat warga untuk menyelenggarakan pernikahan di hotel di bandingkan di gedung. Hotel Aziza Solo menambahkan paket Ijab Qobul yang dimana kebutuhan fasilitas, harga, kuliner dan kamar juga sudah termasuk dalam paket Ijab Qobul tersebut.

  1. Diferensiasi Produk Hotel Tahun 2016
    1. Paket Table Manner Syariah

Paket ini sebenarnya sama dengan paket table manner sebelumnya, akan tetapi paket yang sebelum nya tidak bisa di golongkan sebagai konsep syariah dikarenakan mengikuti konsep International. Pada tahun 2016 kemudian konsep produk table manner di rumah menjadi table manner syariah yang dimana makanan yang dihidangkan adalah yang telah bersertifikat halal dan di hidangkan sesuasi tata cara syar’i.

  1. Paket Tasyakuran

Paket tasyakuran merupakan pengganti dari paket ulang tahun di tahun 2015. Karena dalam Islam tidak ada kata ulang tahun atau tiup lilin maka konsep nya di rubah menjadi lebih syar’i yaitu tasyakuran. Tasyakuran sendiri berarti bersyukur atas kenikmatan yang di beri oleh Allah SWT. Sehingga dalam pakek ini kue ulang tahun di gantikan nasi tumpeng dan hidangan yang lain.

  1. Paket Mehndi Night

Hotel Aziza Solo berada di kawasan Kampung Arab yang dimana kawasan nya lebih dominan warga Solo keturunan Arab. Paket ini di buat untuk mendukung paket pernikahan yang telah di buat sebelumnya.

Dari hasil penelitian yang telah di lakukan oleh sales yaitu, peminat paling tinggi terhadap paket pernikahan adalah warga Solo yang memiliki keturunan arab, sehingga di buarlah inovasi paket Mehndi Night. Mehndi Night merupakan acara bagi perempuan arab untuk melepaskan masa lajang sebelum akad.

Dilihat dari hasil penelitian dan hasil wawancara dari ke lima staf diatas dapat disimpulkan bahwa Hotel Aziza Solo memiliki diferensiasi produk dari tahun ke tahun yang beragam dan memiliki berbagai keunggulan dengan kosnsep syar’i nya. Tidak semua hotel memiliki konsep dan pelayanan yang memang berpedoman syariah, di Hotel Aziza Solo sudah terlihat dari fisik bangunan yang dominan berwarna hijau, seragam yang di kenakan oleh karyawan, pengolahan makanan dan minuman yang halal terbukti dengan adanya sertifikat halal dan transaksi antara sales ke pelanggan tidak lepas dari konsep syar’i.

4.3.1.2       Market Segmentation

Menurut Deppian Siregar selaku Sales Executive Hotel Aziza Solo, untuk menentukan segmentasi sangatlah mudah, yaitu dengan cara melihat kesanggupan dari Hotel Aziza Solo sendiri seperti dilihat dari segi fisik hotel, kesesuaian harga, diferensiai produk yang dimiliki, kualitas produk, fasilitas dan pelayanan hotel. Karena dengan melihat bagaimana keadaan hotel dan diferensiasi produknya sangatlah berpengaruh dalam kegiatan pemasaran. Dapat dilihat dari bagaimana pendapat konsumen terhadap produk hotel, ketertarikan konsumen terhadap produk serta feed back dari konsumen ke sales dan hotel.

Seluruh team Sales & Marketing Department melakukan penelitian setiap minggunya yaitu penelitian analisi market. Analisis market dapat dilihat dari data hotel lain atau competitor, dan keadaan trend pasar per bulan seperti market corporate,dan market government. Selain itu atasan team sales & marketing yaitu Sales Manager melakukan pembagian segmen pasar kepada masing-masing staf nya. Pembagian segmen tersebut sesuai dengan kesanggupan dan tanggung jawab masing-masing tingkat senior dan posisi staff yang ada di Sales & Marketing Department.

        Segmentasi pasar sangatlah berpengaruh terhadap penerapan strategi pemasaran dalam pendekatan diferensiasi produk untuk meningkatkan occupancy hotel. Dapat dilihat dari hasil wawancara bahwa setiap pengembangan diferensiasi produk pastinya akan menambah segmen pasar. Diferensiasi produk disesuaikan dengan segmen pasar jadi tidak menutup kemungkinan segmen pasarnya bertambah, contoh pertama: saat ini Kota Solo di jadikan sebagai Kota MICE pihak hotel melakukan inovasi produk meeting room nya, yang kedua karena semakin meningkatnya agen-agen keberangkatan Haji dan Umah , maka di buatlah paket manasik Haji dan Umrah.

        Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa Market Segmentation merupakan salah satu strategi utama dalam penerapan kegiatan pemasaran dan juga sebagai strategi utama dalam melakukan pendekatan diferensiasi produk untuk meningkatkan occupancy hotel.

4.3.1.3       Market Targeting

Hotel Aziza Solo tentunya memiliki target budget baik target budget bulanan maupun target budget tahunan yang di perintahkan langsung dari atasan. Sales & Marketing Departement memiliki budget sebanyak 80% dan 20%  budget milik Front Office Department. Untuk mencapai budget tersebut Sales Manager membagi sesuai dengan tingkat dan posisi staff sales, yaitu 30% untuk SMM, 25% untuk ASM, 25% untuk SSE, 15% untuk SE dan 5% untuk sales admin.

Sales Manager yaitu Eva Soraya menyatakan bahwa sales manager selalu melakukan pengawasan agar masing-masing staf dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Sales manager memberikan aturan bahwa masing-masing staf harus mampu melakukan kegiatan sales call 10 sampai dengan 20 account dalam satu minggu dan mampu melakukan telemarketing sebanyak 50 account dalam satu minggu. Setiap staff sales harus selalu melapor tentang kegiatan yang telah dilakukan dalam sehari pada media WA blast dan membuat report yang berisikan tentang kegiatan yang telah dilakukan selama seminggu serta rencana kegiatan pemasaran seminggu kedepan.

 Masing-masing sales memiliki cara tersendiri dalam mencapai targetnya, seperti hasil wawancara dengan salah satu Sales Executive Hotel Aziza Solo yaitu Deppian, mengungkapkan bahwa dalam mencapai target penjualan jangan perdulikan produk hotel pesaing akan tetapi pahami tentang keunggulan, kualitas dan difrensiasi produk dari Hotel Aziza sendiri, sales sendiri harus percaya diri dengan produk yang ditawarkan. Sales harus menawarkan dan menjelaskan tentang diferensiasi produk milik Hotel Aziza dengan jelas dan rinci agar pelanggan dan sales tidak terjadi miss komunikasi. Hubungan sales dan konsumen harus tetap terjalin dengan komunikasi yang baik sehingga tidak menutup kemungkinan untuk konsumen menghubungi sales tanpa memperdulikan hotel yang di tempati oleh sales.

        Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa diferensiasi produk sangatlah penting dan berpengaruh dalam menjalankan strategi pemasaran market targeting. Sales perlu memahami dengan pasti tentang diferensiasi produk yang dimiliki oleh Hotel Aziza Solo sebelum menjual ke pasar dan sales harus yakin dan percaya diri terhadap produk hotel yang ditawarkan. Dapat dilihat dari segi keunggulan, harga, kualitas, fasilitas dan pelayanan tidak kalah dan jauh beda dengan hotel pesaing.

4.3.1.4       Market Positioning.

Dalam membangun kepercayaan konsumen, sales harus mampu menjelaskan diferensiasi produk dengan jelas dan rinci, tidak melebih-lebih produk. Seperti pernyataan yang di keluarkan dari hasil wawancara kepada Asistant Manager Hotel Aziza Solo yaitu Cethy Arumbi, bahwa selain menawarkan dan menjual produk team sales Hotel Aziza Solo juga memposisikan diri sebagai konsultan. Jadi sales mengarahkan konsumen untuk mampu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di Hotel Aziza Solo khususnya team sales & marketing department tidak memposisikan konsumen sebagai raja akan tetapi sebagai patner bisnis sehingga mampu menciptakan komunikasi yang lebih baik antara konsumen dan salesnya.

Menurut Sales Executive Hotel Aziza yaitu Ryan menyatakan bahwa dengan memposisikan sales menjadi konsultan bagi konsumen membuat sales mengetahui tentang produk yang dibutuhkan konsumen, yaitu tentang kegiatan apa yang akan di adakan, menyesuaikan dengan budget konsumen, berapa kapasitas tamu yang akan hadir, serta memberikan arahan terhadap penataan acara dan style set up meeting room yang baik dan mengarahkan ke paket produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Selain mampu menjadi konsultan sales harus mampu bernegosiasi dengan menguntungkan kedua belah pihak antara hotel dan konsumen. Dengan begitu konsumen akan merasa dihargai karena sales dapat meminimalisir kesalahan dalam produknya.

Di sisi lain menurut Assistant Sales Manager dan ke empat staf nya menyatakan bahwa hubungan sales dan konsumen tidak selalu berhubungan dengan bisnis akan tetapi sales tetap membangun komunikasi dari rekan bisnis menjadi pertemanan. Dengan begitu konsumen akan secara langsung menghubungi sales tanpa si sales yang menawarkan produknya terlebih dahulu. Untuk konsumen yang loyal terhadap hotel, sales akan memberikan pelayanan khusus seperti menawarkan produk baru hotel dengan harga khusus.

Dari hasil wawancara ke lima staf Sales & Marketing meyatakan bahwa market positioning sangatlah penting dalam strategi pemasaran, begitu pun kaitannya dengan diferensiasi produk yang mendukung tingkat kepercayaan konsumen terhadap kualitas, harga, fasilitas dan pelayanan ke Hotel.

4.3.2        Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Diferensiasi Produk Untuk Meningkatkan Occupancy Hotel Aziza Solo.

Dari hasil wawancara ke lima staf Sales & Marketing Department mengatakan bahwa perkembangan diferensiasi produk dari tahun ke tahun sangat berpengaruh dalam peningkatan occupancy hotel. Data ini terbukti dari hasil ARR dan total jumlah occupancy yang didapat setiap bulan dan tahunnya.

Berikut grafik performance data occupancy perbulan Hotel Aziza Solo dalam tiga tahun.

Tabel 4.3.1

18%

22%

23%

19%

25%

44%

37%

32%

53%

Sumber : Sales & Marketing Department Hotel Aziza Solo

Tabel 4.3.2

35%

32%

38%

42%

52%

53%

49%

51%

38%

72%

66%

60%

Tabel 4.3.3

39%

45%

52%

49%

69%

41%

55%

Sumber : Sales & Marketing Department Hotel Aziza Solo

Tabel 4.3.4

2014

2015

43%

Sumber : Sales & Marketing Department Hotel Aziza Solo

50%

20%

2016

Pada data grafik rekapitulasi hasil performance occupancy menunjukkan bahwa tahun 2014, diawal bulan masih belum menunjukkan peningkatan yang signifikan karena hotel masih beradaptasi dan belum melakukan inovasi pengembangan diferensiasi produk. Pada  tahun 2015 data occupancy menunjukkan adanya peningkatan terhadap occupancy Hotel Aziza Solo, peningkatan tersebut dipengaruhi dengan adanya strategi pemasaran dan pengembangan diferensiasi produk yang di lakukan oleh Sales & Marketing Department. Berdasarkan dengan hasil penelitian diketahui dengan adanya peningkatan produk dari setiap tahunnya dilihat dari data Sales & Marketing tahun 2014 berjumlah 4 macam produk menjadi 10 macam produk di tahun 2016. Peningkatan tersebut di dukung adanya strategi pemasaran dengan melalui diferensiasi produk, segmentasi pasar, targeting dan positioning. Dengan rata-rata peningkatan presentase occupancy 20% pada tahun 2014 menjadi 50 % pada tahun 2016 di bulan Januari sampai bulan July.

Kesimpulannya yaitu dengan adanya data rekapitulasi performance occupancy hotel di setiap bulan nya telah membuktikan bahwa benar adanya terdapat pengaruh strategi pemasaran melalui pendekatan diferensiasi produk jasa untuk meningkatkan occupancy hotel. Sedangkan hasil data rekapitulasi Room Night Summary Occupancy selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 4. Data Hasil Rekapitulasi RNS OCC  pada hal 132.

4.4   Implikasi Hasil Penelitian

Menciptakan sesuatu produk yang berbeda dengan yang lain dengan melihat keadaan ekonomi dan sosial pasar adalah salah satu upaya agar produk dapat selalu diterima oleh masyarakat. Pembeda tersebut dibuat pada diferensiasi produk, kemudian disesuaikan dan diterapkan pada strategi pemasaran dengan aspek-aspek market segmentatiton, market targeting dan market positioning. Upaya ini sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Philip Kotler bahwa diferensiasi merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan pada suatu perusahaan, dan merupakan salah satu dari dua jenis keunggulan bersaing. Adapun kriteria dalam menciptakan dan pengembangan diferensiasi produk antara lain t di lihat dari keadaan ekonomi dan sosial segmentasi pasar serta mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memberikan penjelasan, keunggulan, kualitas, harga, fasilitas dan pelayanan yang lebih baik disbanding hotel pesaing.

Penelitian ini memiliki keterbatasan dan baru memuat sebagian dari salah satu department Hotel Aziza Solo. Sebenarnya selain dalam diferensiasi produk masih banyak bidang dan aspek-aspek yang perlu dikaji atau diteliti lebih lanjut seperti promosi pemasaran produk hotel, media iklan pemasaran produk, public relation dalam memasarkan produk hotel, dan berbagai aspek lain yang terkait.

Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran, menciptakan dan melakukan pengembangan terhadap difererensiasi produk berdampak adanya peningkatan terhadap tingkat occupancy tamu di Hotel Aziza Solo.

Adanya peningkataan terhadap occupancy tamu Hotel Aziza Solo dapat dilihat dengan adanya indikator berupa diferensiasi produk, market segmentation, market targeting dan market positioning.

Agar dapat meningkatkan tingkat occupancy hotel dan revenue sebaiknya tetap melakukan strategi-strategi yang telah dilakukan selama ini dan memadukannya dengan menerapkan hasil penelitian ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi Hotel Aziza Solo untuk dapat memajukan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>