BAB III

METODE PENELITIAN

 

3.1    Jenis Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis penelitian kualitatif yang dilakukan melalui pendekatan khusus serta pengamatan secara langsung dengan judul penelitian Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Diferensiasi Produk Jasa Untuk Meningkatkan Occupancy Hotel Aziza Solo.

Menurut Sugiyono (2013:2), metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan. Menurut Darmadi (2013:153), metode penelitian adalah suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis.

                 Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa metode penelitian adalah suatu cara ilmiah untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

            Menurut Sugiyono (2008:15) kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang biasanya

digunakan untuk meneliti pada kondisi objektif yang alamiah dimana peneliti berperan sebagai instrument kunci.

Menurut Sukmadimata (2009:18), menyatakan bahwa penelitian penelitian metode deskriptif  bertujuan mendefinisikan suatu keadaan atau fenomena secara apa adanya.

Menurut Bogdan Taylor dalam L.J.Maelong (2011:4), metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Selain itu menurut Sukmadimata (2009:53-60), penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk medeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, dan orang secara individual maupun kelompok.

Menurut Bogdan dan Biklen dalam Sugiyono (2013:21), penelitian kualitatif memiliki lima ciri pokok karakteristik, yaitu :

  1. Dilakukan dalam kondisi yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen), langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrument kunci.
  2. Penelitian kualitatif lebih bersifat deskriptif. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka.
  3. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses daripada produk atau outcome.
  4. Penelitian kualitatif melakukan analisis data secara induktif.
  5. Penelitian kualitatif lebih menekankan makna.

3.2    Lokasi Penelitian

Lokasi dalam penelititan ini adalah Hotel Aziza Solo yang beralamat di Jl.Kapten Mulyadi No.115 Kecamatan Pasar Kliwon, Solo 57133, Telp : 0271-7890555 dan Fax : 0271-7890333. Alasan penulis memilih Hotel Aziza Solo sebagai bahan penelitian karena sebelumnya penulis memiliki kesempatan untuk melakukan On The Job Training di bagian Sales & Marketing Department Hotel Aziza Solo.

3.3    Waktu Penelitian

Observasi penelitian dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu mulai dari tanggal 4 November 2015 sampai dengan 6 Februari 2016 dan pengumpulan data penelitian seperti wawancara dan penyebaran kuesioner dilanjutkan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2016.

3.4    Populasi dan Sampel

3.4.1   Pengertian Populasi

Terdapat perbedaan yang mendasar dalam pengertian populasi dan sampel dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Menurut Sugiyono (2013:117), populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

            Namun dalam penelitian kualitatif ini penulis tidak menggunakan istilah populasi, tetapi situasi sosial. Situasi sosial terdiri dari tiga elemen yaitu : tempat (place), pelaku (actors) dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Situasi sosial tersebut, dapat dinyatakan sebagai obyek penelitian yang ingin diketahui “apa yang terjadi” di dalamnya. .

Berdasarkan pada pendapat tersebut, maka obyek penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian Sales & Marketing Department yang berjumlah 5 orang yaitu : Sales & Marketing Manager, Assitant Sales Manager Hotel Aziza Solo, 2 orang menjabat sebagai Sales Executive Hotel Aziza Solo, dan Sales & Marketing Admin Hotel Aziza Solo.

3.4.2   Pengertian Sampel

Menurut Sugiyono (2013:118), sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel dalam penelitian kualitatif bukan dinamakan sebagai responden, tetapi narasumber atau partisipant dan juga tidak disebut disebut sebagai sampel statistik, tetapi sampel teoritis, karena tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menghasilkan teori.

Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan purposive sampling. Menurut Sugiyono (2013:95), nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Peniliti menggunakan teknik sampel yang mengambil 100% dari populasi sebagai sampel dikarenakan jumlah populasi yang relatif kecil.

Menurut Sugiyono (2013:218-129), purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini yang tunjuk sebagai sumber data dan nara sumber adalah Ibu Eva Magie Soraya selaku Sales & Marketing Manager, Ibu Cethy Arumbi selaku Assitant Sales Manager Hotel Aziza Solo, Deppian Siregar selaku Sales Executive Hotel Aziza Solo, Rian selaku Sales Executive Hotel Aziza Solo dan Heny Puspita selaku Sales & Marketing Admin Hotel Aziza Solo.

3.5  Sumber Data

 Menurut Sutopo (2006:56-57), sumber data adalah tempat data diperoleh dengan menggunakan metode tertentu baik berupa manusia, artefak, ataupun dokumen-dokumen. Sedangkan menurut Moleong (2006:112), pencatatan sumber data melalui wawancara atau pengamatan merupakan hasil gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya.Pada penelitian kualitatif, kegiatan-kegiatan penelitian dilakukan secara sadar, terarah dan senantiasa bertujuan memperoleh suatu informasi yang diperlukan. Berbagai sumber data yang akan dimanfaatkan dalam penelitian ini sebagai berikut :

3.5.1   Data Primer

Menurut Loafand dalam Moleong (2006:157), data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti dari lapangan. Penelitian ini, data primer yang diperoleh dari lokasi penelitian melalui wawancara sumber atau informan yang berpotensi dalam memberikan informasi yang relevan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

            Peneliti mengumpulkan data primer dengan teknik wawancara, dan observasi. Teknik penelitian dilakukan sesuai dengan pedoman  instrument penelitian yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan tujuan menghasilkan data yang akurat langsung dari narasumber.

3

3.4

3.5.2   Data Sekunder

            Data sekunder penelitian ini adalah data yang diperoleh bukan secara langsung dari sumbernya. Menurut Loafland dalam Moleong (2006:157), data sekunder merupakan data yang diperlukan dalam penelitian untuk melengkapi informasi yang diperoleh dari data primer. Data sekunder dapat berupa studi pustaka yang berasal dari buku-buku, penelitian lapangan, maupun dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Berbagai dokumen dihasilkan melalui objek penelitian yang dipergunakan untuk mendukung data primer dan memperkuat data dalam melakukan penelitian. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen yang didapatkan oleh peneliti dari Hotel Aziza Solo.

3.6    Teknik Pengumpulan Data

            Dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data sangat diperlukan guna mendapatkan data dalam sebuah penelitian. Penelitian kualitatif merupakan teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan berbagai setting, berbagai sumber, dan berbagai cara. Menurut Sugiyono (2013:224), teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Teknik pengumpulan data yang  dilakukan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik kuesioner. Berikut penjelasan teknik-teknik pengumpulan data primer yang digunakan oleh peneliti :

  1. Teknik Wawancara

Wawancara merupakan alat rechecking atau pembuktian terhadap informasi atau keterangan yang diperoleh sebelumnya. Menurut Sutopo (2006:72) teknik wawancara dalam penelitian kualitatif adalah wawancara mendalam (in-depth interview) yaitu proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab dengan bertatap muka antara peneliti dengan responden atau informan,dengan atau tanpa pedoman wawancara dan peneliti terlibat dalam kehidupan sosial yang relatif lama.

Dalam penelitian ini teknik wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data dengan dukungan alat bantu seperti buku untuk mencatat informasi yang dibutuhkan serta kamera atau tape recorder untuk bukti konkrit jika memang benar peneliti melakukan wawancara dengan pihak narasumber atau informan.

  1. Teknik Observasi

Menurut Moleong (2006:173), observasi adalah teknik pengumpulan data melalui proses pengamatan secara langsung di lapangan atau di lokasi. Observasi dalam penelitian ini adalah mengamati perkembangan sejauh mana penerapan strategi pemasaran dalam  menawarkan produk pelayanana jasa kepada konsumen terhadap peningkatan volume tamu di Hotel Aziza Solo.

  1. Teknik Triangulasi

                        Dalam teknik pengumpulan data, triangulasi diartikan sebagai teknik pengumpulan data yang bersifat menggambungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Menurut Sugiyono (2009:241), teknik Triangualasi berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan nara sumber yang sama.

Sedangkan untuk pengumpulan data sekunder berupa teknik studi pustaka dan studi dokumentasi, yaitu :

  1. Studi Pustaka

Menurut Sugiyono (2013:83), studi pustaka merupakan langkah awal dalam metode pengumpulan data. Studi pustaka merupakan metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Hasil penelitian juga akan semakin kredibel apabila didukung foto-foto atau karya tulis akademik dan seni yang telah ada.

Dalam teknik ini peneliti dapat mengumpulkan data-data sekunder yang telah di peroleh dari Hotel Aziza Solo tentang dokumen-dokumen dan gambar yang berkaitan dengan strategi pemasaran.

  1. Studi Dokumentasi

Menurut Arikuntoro (2010:274), dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, notulen, rapat, lengger, agenda dan sebagainya.

Dalam teknik ini peneliti mengumpulkan data-data sekunder yang diperoleh dari Hotel Aziza Solo.

3.7    Instrumen Penelitian

Menurut Arikunto (2010:203), instrument penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap dan sistematis sehingga lebih mudah diolah.

Dari pengertian instrument tersebut dapat diketahui bahwa instrument penelitian digunakan untuk melakukan pengukuran dengan tujuan menghasilkan data yang akurat. Pengujian keakuratan data dari instrument penelitian dapat menggunakan skala.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis instrument dengan menggunakan kisi-kisi instrument penelitian. Menurut Arikunto (2010:205), kisi-kisi penyusunan instrument menunjukkan kaitan antara variabel yang diteliti dengan sumber data dari mana data akan diambil, metode yang digunakan dan instrument yang disusun.

Sesuai dengan masalah yang akan diteliti yaitu Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Produk Pelayanan Jasa Untuk Meningkatkan Volume Tamu di Hotel Aziza Solo, maka peneliti menyusun kisi-kisi instrument dengan memuat konsep, variabel, aspek yang diungkap, indikator, instrument, item dan responden dengan pedoman wawancara dan pertanyaan wawancara, pedoman kuesioner dan pertanyaan kuesioner, lembar observasi untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, daftar pustaka dan dokumentasi yang di peroleh dari buku, jurnal dan penelitian-penelian sebelumnya.

3.8    Teknik Analisa Data

Menurut Sugiyono (2013:88) analisis data adalah suatu proses mencari dan menyusun secara sistematis yang diperoleh dari wawancara dan sumber dari lapangan terkait fokus permasalahan, teknik analisa data dilakukan melalui empat  tahap yaitu  reduksi data, menampilkan data, verifikasi data, dan kesimpulan.

Teknis analisis data bertujuan menyederhanakan agar mudah dipahami dan diinterprestasikan. Analisis data dalam  penelitian ini dilakukan secara deskriptif untuk menganalisis data dengan memaparkan, mengelola, menggambarkan dan menafsirkan hasil penelitian dengan susunan kata-kata dan kalimat sebagai menjawab atas permasalahan yang diteliti.

Pada penelitian ini analissis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Analisis ini dimaksudkan untuk mencari kesimpulan dari hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif. Penyajiannya berupa keterangan penjelasan, serta pembahasan secara teoritis. Dengan analisis ini kemudian dibuat uraian deskripsi disertai interpretasi.

3.9    Jadwal Penelitian

Berikut tabel rincian jadwal penelitian yang dilakukan peneliti untuk pengumpulan data penelitian di Hotel Aziza Solo :

     

 


 

No

Kegiatan

2015

2016

Nov

Des

Jan

Feb

Mar

Apr

Mei

Jun

Jul

Ags

I

Penelitian pendahuluan
  1. Observasi di Hotel Aziza Solo

II

Penyusunan Proposal Penelitian

III

Persiapan Penelitian
  1. Penyusunan Kuesioner
  1. Penyusunan wawancara
  1. Pengajuan izin penelitian

IV

Pengumpulan Data Penelitian
  1. Penyebaran kuesioner
  1. Wawancara responden
  1. Studi pustaka

V

Analisis Data

VI

Konsultasi Laporan Penelitian

VII

Ujian Pendadaran

Tabel 3.9

Jadwal Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>