MARKETING PLAN PULAU MENJANGAN BESAR
KARIMUN JAWA

DESCRIPTION ABOUT KARIMUN JAWA
Karimun jawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah negara Indonesia. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Kini karimunjawa jepara dikenal menjadi wisata taman laut yang mempesona dan digemari banyak wisatawan, baik lokal maupun wisatawan manca negara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, Penyu Putih.
Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewandaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.
Di karimunjawa terdapat obyek wisata yang menarik untuk kita kunjungi, baik wisata darat maupun wisata laut. Sehingga ini menjadi pilihan para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang disukai.

MARKET SOLUTION
Karimun jawa merupakan destinasi wisata alam yang sangat populer, dan juga merupakan daerah konservasi alam yang terlindungi dan masih asri, karimun jawa termasuk dalam badan taman nasional Indonesia.
Karimun jawa memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, dengan didukung keindahan alam yang mempesona dan masih asri juga tentunya.
Dikarimun jawa memliki beberapa aspek pariwisata yang mencakup, yaitu :
1. snorkeling
2. diving
3. tracking
4. ekowisata
Kecamatan Karimunjawa memiliki beberapa tempat wisata alam, yaitu:
• Kolam Hiu, di Desa Karimunjawa (Pulau Menjangan Besar)
• Legon Lele, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)
• Bukit Love, di Desa Karimunjawa Dusun Jatikerep (Pulau Karimunjawa)
• Bukit Nyamplungan, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)
• Bukit Joko Tuo, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)
• Tracking Hutan Mangrove, di Desa Kemojan (Pulau Kemujan)
• Pantai Batu Karang Pengantin, di Desa Kemojan Dukuh Karanglawang (Pulau Kemujan)
• Pantai Ujung Gelam, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)
• Pantai Batu Topeng, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)
• Pantai Barakuda, di Desa Kemojan (Pulau Kemujan)
• Pantai Nirwana, di Desa Karimunjawa (Pulau Karimunjawa)

PRODUCT SITUATION
Bupati Jepara Ahmad Marzuki menyebutkan jumlah wisatawan yang mengunjungi KepulauanKarimunjawa selama ini rata-rata mencapai 2.000 orang dalam setiap minggunya.
“Ya, rata-rata kisaran 2.000 wisatawan per minggu yang datang ke Karimunjawa, baik lokal maupun mancanegara. Kami berharap jumlah wisatawan semakin meningkat

Marzuki menjelaskan akses menuju Karimunjawa bisa dilakukan lewat dua jalur, yakni laut menggunakan kapal dan udara menggunakan pesawat kecil yang mendarat di Bandara Dewandaru. Untuk jalur laut, menurut Marzuki, sudah tersedia cukup banyak kapal penyeberangan, baik kapal cepat dan kapal feri yang bisa diakses dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang maupun Pelabuhan Jepara.

“Kapal cepat cukup banyak, seperti KM Kartini yang berangkat dari Semarang, kemudian yang berangkat dari Jepara ada KM Express Bahari dan kapal feri KM Siginjai,” katanya. Bahkan, sekarang ini sudah ada kapal berukuran besar, yakni KM Leuser milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang sudah membuka rute penyeberangan dari Semarang-Karimunjawa.

Keberadaan KM Leuser yang mampu mengangkut penumpang lebih dari 1.500 orang itu, lanjut Marzuki, diharapkan akan meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang eksotis itu.

“Meski hanya dua minggu sekali KM Leuser ini ke Karimunjawa, kami sangat berharap keberadaannya bisa menjadi alternatif sarana transportasi wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa,” katanya.

Bupati Jepara memaparkan sekarang ini sudah semakin banyak pihak yang memberikan perhatian untuk pengembangan pariwisata di Karimunjawa, termasuk para pengelola sektor transportasi laut.

Pemerintah Kabupaten Jepara juga memberikan perhatian untuk pengembangan Karimunjawa, seperti pembenahan infrastruktur berupa jalan di salah satu dari 16 kecamatan di Jepara itu. “Pada tahun ini tinggal kurang lebih 7,5 kilometer jalan yang kondisinya harus diperbaiki. Makanya, pada 2016 ini kami menargetkan seluruh jalan di Karimunjawa sudah mulus,” katanya.

Berbagai sektor lain, tambah Marzuki, seperti komunikasi juga dibenahi dengan layanan sinyal telepon seluler yang diperluas, kemudian pembenahan jaringan listrik menjadi 18 jam setiap hari

COMPETITIVE SITUATION

KONSERVASI PENYU SISIK DI KEPULAUAN SERIBU
Wilayah Kepulauan Seribu, khususnya sejumlah pulau di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu, merupakan habitat penyu sisik (Eretmochelys imbricate). Penyu itu merupakan satu dari tujuh jenis penyu dunia.

Penyu termasuk dalam kelompok reptilia yang mendiami laut tropis dan subtropis di seluruh dunia. Selain penyu sisik, ada lima jenis lain yang ditemukan di Indonesia, yakni penyu hijau (Chelonia mydas), penyu tempayan (Caretta caretta), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), dan penyu pipih (Natator depressus).
Habitat penyu sisik adalah perairan yang dingin, salah satunya kawasan Kepulauan Seribu Utara. Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS) mencatat, tempat-tempat peneluran penyu sisik ditemukan di sejumlah pulau di kawasan ini, seperti Pulau Penjaliran Timur, Peteloran Timur, Penjaliran Barat, dan Pulau Belanda.
Peran penyu sisik dinilai signifikan di ekosistem laut terkait pengendalian laju pertumbuhan bunga karang yang dapat mengganggu pertumbuhan terumbu karang. Namun, penyu ini juga mengonsumsi alga, serta hewan-hewan kecil seperti udang, moluska, dan cumi-cumi.
Organisasi Internasional untuk Konservasi Sumber Daya Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN) menetapkan penyu sisik sebagai hewan yang terancam punah. Di alam bebas, anak-anak penyu yang baru menetas menghadapi ancaman kematian dari hewan seperti biawak, burung, dan kepiting.
Tujuan diadakannya konservasi penyu :
1. Memperbanyak habitat Penyu Sisik
2. Menyelamatkan Penyu Sisik dari Predator seperti biawak, elang serta manusia
3. Membuat keseimbangan perairan. Ini karena penyu suka mematuk karang sehingga karang akan bersih. Jika karang bersih maka ikan pun akan banyak.

MACROENVIRONMENT

Trend Wisata Bahari
1954: Hotel Fontainebleau
Dibuka di Miami Beach
“Merubah pola industri pariwisata dunia dengan konsep resor bahari
(Seluruh fasilitas dan amenitas wisatawan berada disatu kawasan).
•1960 an: Resort Wisata bahari berkembang keseluruh dunia
•1990 an: industri wisata bahari berkembang pesat Perkiraan ke 2020:
•Matured as market (matang sebagai suatu pasar)
•Expected to remain flat (kurva pertumbuhan mendatar)

Trend Wisata Cruise
Menjadi segmen pasar dengan pertumbuhan tercepat dan paling menguntungkan.•50% pasar di kawasan Karibia
–Sedang mencari destinasi cruise baru
•Jumlah dan ukuran kapal cruise akan semakin besar (kelas mega cruise ship/minimal2500 penumpang)

ANALISI S.W.O.T PULAU MENJANGAN BESAR DI KARIMUN JAWA

STRENGTH
- Melestarikan keberadaan ikan hiu sirip putih dan hitam dikarimun jawa
- Dapat menjadi obyek wisata baru
- Didukung keindahan alam yang masih asri

WEAKNESS
Kelemahan dari pulau menjangan besar yaitu pulau ini tidak berpenghuni jadi masih sepi,kurangnya kebersihan dan kurang terawat karena tidak ada yang menghuni.hanya wisatawan yang datang untuk sekedar menonton penangkaran hiu di menjangan besar
Menjangan besar letaknya di tengah laut kepulauan karimun jawa dan didominasi oleh tour laut hanya sebatas berwisata ,seharusnya disana ada wahana watersport seperti banana boat,parasailing,dll. Hal tersebut juga menambah minat wisatawan untuk bekunjung ke pulau menjangan kecil,baik wisatawan local dan wisatawan mancanegara.

OPPURTUNITY
Dipulau menjangan besar karimun jawa ini kita masih bisa menemukan spot snorkeling yang dipenuhi oleh terumbu karang yang masih alami, didukung dengan penangkaran hiu yang terdapat di pulau menjangan besar karimun jawa ini dapat mendatangkan minat wisatawan mancanegara yang datang tidak sekedar mengunjungi penangkaran hiu, melainkan melakukan aktifitas wisata bahari seperti snorkeling, banana boat ataupun diving.
THREAT
- Kurangnya saran transportasi udara / kurang nya jadwal penerbangan kekarimun jawa
- Kurang nya teknologi dikarimun jawa, yang dapat memungkinkan untuk investor asing memasuki wilayah karimun jawa
- Kurang nya modal untuk pengelolaan pariwisata, karena di karimun jawa pengelolaan obyek pariwisata masih menggunakan uang warga / perorangan
- Masuknya investor asing yang dapat menimbulkan kesenjangan pariwisata di Indonesia khusus nya di karimun jawa

Action Program
Action plan yang ingin saya lakukan untuk kemajuan karimun jawa khususnya menjangan kecil.
-Mensosialisasikan kepada warga karimunjawa untuk menambah daya tarik wisata di pulau menjangan besar,seperti wahana air / watersport seperti banana boat,parasailing,jetsky,dll. Hal tersebut dapat menambah daya tarik dan minat pengunjung untuk datang dan bermain wahana air di menjangan besar.
-Promosi di media tv dan radio diseluruh jawa tengah,jawa barat,jawa timur,mengenai keunggulan dan daya tarik pulau karimun jawa,khususnya menjangan besar,gosong,dan pulau nemo,yang menjadi spot favorite para snorkle dan diver.

ISSUES ANALYSIS
Dari analisi swot diatas dapat kita simpulkan apabila pulau karimun jawa mendapatkan dana anggaran tentang obyek pariwisata dari pemerintah, maka pembangunan atau pun pelayakan obyek wisata tersebut akan berjalan dengan cepat dan efektif. Ditunjang dengan media promosi melalui media televisi radio ataupun biro travel domestic maupun mancanegara dapat menjadikan pulau karimun menjadi destinasi pariwisata mancanegara dan menjadi peningkat devisa Negara Indonesia.

MARKET STRATEGY
Target market : Wisatawan domestic dan mancanegara
Positioning : Wisata bahari + tracking dan penangkaran hiu di karimun jawa
Product line : Obyek wisata snorkeling Pulau nemo, karimun jawa

==============================================================
Tugas : Mata kuliah Marketing tourism
STP Sahid Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>